Blogroll

31/01/14

4 fakta unik tentang tahun baru imlek




 Orang China di seluruh dunia menyambut tahun baru Imlek, dimana di China dikenal sebagai Festival Musim Semi dan ditandai oleh hari libur yang panjang.
Berikut adalah beberapa fakta tentang tahun baru imlek, makna dan beberapa tradisi dan mitos yang menyertainya:

Fakta 1 :
Ada 12 binatang dalam zodiak China yaitu: Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Kera, Ayam, Anjing dan Babi.
Salah satu legenda adalah seorang kaisar China pada jaman dahulu mengadakan perlombaan untuk menentukan hewan mana yang mendapatkan kehormatan untuk menjadi yang pertama dalam zodiak. tikus memenangkan perlombaan ini setelah dengan akal cerdiknya naik di atas kepala sapi dan melompati garis finish di depannya.

Fakta 2 :
Orang China menyalakan  petasan dan kembang api sehingga menimbulkan hiruk-pikuk dalam upaya untuk menakut-nakuti roh-roh jahat dan menarik dewa kekayaan ke depan pintu rumah orang yang menyalakannya.
Para Orang-tua memberikan amplop merah diisi dengan uang tunai kepada anak-anak, kadang-kadang disembunyikan di bawah bantal pada malam Tahun Baru Imlek untuk menangkal nasib jahat dan buruk.
Jumlah uang yang mengandung angka delapan yang dianggap terbaik, karena “delapan” terdengar seperti ungkapan untuk “untuk menjadi kaya.”

Fakta 3 :
Ada banyak makanan tradisional dimakan. Orang China Utara makan anaka kue dim sum , yang melambangkan kekayaan karena bentuknya menyerupai emas  dan keping perak China kuno.
Ikan adalah masakan yang populer, karena kata “ikan”  memiliki pengucapan yang sama dengan kata untuk “kelimpahan.”

Fakta 4 :
Dilarang menangis pada Hari Tahun Baru Imlek karena Anda akan menangis untuk sisa tahun berikutnya, dan mencuci rambut Anda menandakan membasuh keberuntungan.
Kata untuk “empat” dihindari, karena kedengarannya seperti kata untuk “mati,” dan menggunakan pisau atau gunting mungkin memotong nasib baik.
Anak-anak diberitahu supaya tidak menggunakan kata-kata buruk untuk menghindari  kemalangan di sisa tahun.
Rumah tangga melakukan ritual bersih-bersih menjelang Tahun Baru Imlek untuk membersihkan hal-hal lama dan buruk dari tahun sebelumnya dan selamat datang hal-hal  baru yang menyegarkan.
Tapi orang-orang yang bersih-bersih  pada hari Tahun Baru Imlek, karena Anda akan menyapu nasib baik di sisa tahun berikutnya.


Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

 
© neo-pedia
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top